blog-img
17/05/2019

BAN-PT Bekerjasama dengan LLDIKTI X Sosialisasikan IAPS 4.0

said nuwrun.T | Akademik

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan sebanyak 173 dari 947 program studi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDIKTI Wilayah X belum terakreditasi.

Sosialisasi IAPS versi 4.0 yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah X bekerjasama dengan BAN-PT ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang IAPS versi 4.0 yang mencakup Pengenalan Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS). 

Demikian disampaikan Prof. Herri saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Instumen Akreditasi Program Studi (IAPS) Versi 4.0 bagi Perguruan Tinggi di Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan di ruang pertemuan lantai 3 kantor LLDIKTI Wilayah X, Senin (13/5).

Menurut Prof. Herri penilaian IAPS versi 4.0 bukan hanya terbatas pada input, proses, dan output saja, tetapi penilaian instrumen akreditasi harus berbasis data dan berbasis outcome. Untuk itu, perguruan tinggi agar cepat dan tanggap terhadap perubahan-perubahan aturan tentang akreditasi.

Asesor BAN-PT dari IPB Prof. Dr. Sudarsono mengatakan LED dan LKPS fokus pada pengembangan perguruan tinggi. LED harus memuat 9 kriteria akreditasi yang meliputi kriteria: 1) Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, 2) Tata Kelola, Tata Pamong, dan Kerja Sama, 3) Mahasiswa 4) Sumber Daya Manusia 5) Keuangan, Sarana, dan Prasarana 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan 9) Luaran dan Capaian Tridharma. (Putra)

Sumber : http://www.kopertis10.or.id

Bagikan Ke: